Beranda · BUS · MOBIL · EKONOMI · FIQH · TIPS · DOWNLOAD · Tokopedia · Bukalapak · Shopee ·

Bus Indonesia Mercedes Benz OH 1626 Dan Spesifikasinya

Mercedes Benz OH 1626
Gambar 1. Po. Gunung Harta OH 1626
Halo teman-teman pecinta bus, setelah pembahasan artikel sebelumnya tentang bus Mercedes Benz OH 1526, pada artikel ini akan kita bahas tipe selanjutnya yaitu OH 1626, sebagaimana terlihat pada gambar 1 bus milik Po Gunung Harta. Bus tipe ini sama persis dengan tipe sebelumnya yaitu OH 1526 yang membedakan adalah tipe ini sudah menggunakan suspensi udara sehingga lebih nyaman lagi ketika melaju di jalanan indonesia yang bermacam-macam medan. Untuk letak air intakenya disebelah kiri dari body.
Chasis Mercedes Benz OH 1626
Gambar 2. Chasis Mercedes Benz OH 1626 Modular Frame
OH 1626 sangat mudah sekali dibedakan dengan generasi sebelumnya ketika belum menggunakan body, mengapa?, karna chasis bus ini tidak menggunakan Ladder Frame seperti generasi sebelum-sebelumnya yang sudah berukuran panjang, tetapi untuk tipe ini menggunakan Chasis bentuk Modular Frame jadi terlihat sangat pendek dari chasis yang lain pada umumnya. Mengapa demikian?, karna dengan bentuk modular frame, akan mudah diangkut melalui jasa truk menuju tempat karoseri, dan ketika hendak dipasang body, chasis model ini akan dipisah antara bagian belakang dan depanya, lalu disambung dengan space frame atau chasis penyambung yang berbentuk panjang, yang mana space frame ini jenisnya sesuai standar pihak Mercedes Benz, karna menggunakan space frame, maka luas bagasi pun menjadi sangat lebar dan leluasa, sehingga bagasi kanan terbuka luas sampai nembus bagasi kiri, sebagaimana terpampang pada gambar no 3.

Baca Juga: MEKANISME REM BIS, TRUK DAN BEBERAPA JENISNYA



bagasi Mercedes Benz OH 1626
Gambar 3. Bagasi Mercedes Benz OH 1626
Maka dengan Space Frame ini, barang bawaan yang bisa diangkut oleh bis ini lebih banyak lagi. Namun kekurangan dari Space Frame adalah apabila pihak Po ingin merebody atau mengganti body lama dengan body baru akan lebih sulit, karna body bukan hanya menumpangi chasis melainkan sudah menyatu dengan Space Frame, sehingga apabila rebody ini dilakukan, pihak Po harus menerima konsekuansinya yaitu membuang body lamanya dan tidak bisa digunakan lagi, berbeda dengan proses rebody Ladder Frame yang hanya tinggal melepas body dengan mudah dan utuh, tanpa merusak bagias chasis, bahkan body lama masih bisa disimpan untuk digunakan lagi untuk chasis yang lain.
Air Suspensi Mercedes Benz OH 1626
Gambar 4. Suspensi OH 1626
Air Suspensi Mercedes Benz OH 1626
Gambar 5. Suspensi OH 1626
Gambar 4 dan 5 adalah gambar yang menunjukan bentuk suspensi udara milik OH 1626, yang mana balon udara langsung menopang chasis secara langsung persis dengan suspensi udara milik chasis Volvo.


Mercedes Benz OH 1626
Gmabar 6. Mercedes Benz OH 1626
Tampak Bagian kenalpot sama persis dengan generasi sebelumnya OH 1526 yang mampu memperhalus suara dari mesin.
Interior Mercedes Benz OH 1626
Gambar 7. Steer OH 1626
Interior Mercedes Benz OH 1626
Gambar 8. Steer OH 1626
Setelah melihat bagian luar, kita menuju bagian dalamnya, tampilannya secara umum sama persis dengan OH 1526.
Interior New Mercedes Benz OH 1626
Gamabar 9. Steer Baru OH 1626
Untuk Generasi selanjutnya OH 1626 memiliki penampilan baru yaitu bagian steernya, steernya sudah memilik 4 sisi sama dengan generasi ke 3 dari OH 1526. yang memdakan antara OH 1526 dan OH 1626 dari dalam adalah bentuk tongkat persenelingnya, tongkat perseneling OH 1626 ada lekukannya berbeda OH 1526 yang tegak lurus. Mungkin itu saja Review dari kami, Terimakasih telah mengunjungi blog kami. BMC


2 Responses to "Bus Indonesia Mercedes Benz OH 1626 Dan Spesifikasinya"

  1. Min ralat lagi, keduanya sesama tongkat persneling berlekuk, kalo oh 1526 yg generasi satu baru tegak lurus

    ReplyDelete
  2. koreksi gan, yg oh 1526 generasi kedua dan ketiga sama persnelingnya, bengkok

    ReplyDelete

silahkan yang mau berkomentar, yang penting komentar yang positif ya gan...