Pengertian Pasar Sempurna dan Ciri-Cirinya
Pengertian Pasar Sempurna
Suatu
pasar yang ditandai oleh tidak adanya sama sekali persaingan yang bersifat
pribadi (rivalry) diantara perusahaan-perusahaan individu yang ada didalamnya. Suatu
model pasar dimana terdiri dari banyak produsen dan konsumen, produk yang
dijualbelikan bersifat homogeny, masing-masing produsen bebas keluar dari atau
masuk ke pasar, factor produksi dapat bergerak secara bebas dan masing-masing
produsen serta konsumen mempunyai informasi yang lengkap tentang kondisi pasar. Sebagai sebuah tempat yang mempertemukan penjual dan pembeli, pasar
mempunyai banyak macamnya. Salah satunya adalah pasar persaingan sempurna
(perfect competition). Pengertian dari pasar persaingan sempurna sebenarnya
sederhana yaitu pasar dimana posisi semua produsen atau perusahaan adalah
sebagai price taker (penerima harga). Artinya bahwa harga komoditas yang
ada dipasar ini mutlak ditentukan oleh mekanisme pasar (permintaan dan penawaran).
Ciri lain dari pasar ini adalah banyaknya penjual atau pembeli yang
kesemuanya sama. Sehingga tidak dapat memepengaruhi harga yang telah terbentuk
dari mekanisme pasar. Pasar jenis inilah yang disebut ideal oleh banyak para ekonom
karena harga komoditasanya tidak dapat diintervensi oleh para penjual sekalipun
oleh pemerintah dan benar-benar murni digerakan oleh mekanisme pasar yang
terjadi. Salah satu contoh dari jenis pasar persaingan sempurna ini adalah
pasar modal.
Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna
Dalam pengertian pasar persaingan sempurna yang telah dipaparkan diatas agar lebih dapat
memudahkan kita untuk memahami definisi
tentang pasar persaingan sempurna. Kita harus mengetahui ciri-ciri yang
dimilikinya. Adapun ciri-ciri pasar persaingan sempurna diantaranya:
1. Banyak penjual dan pembeli
Dengan banyak penjual dan pembeli yang dipasar, hal tersebut
berakibat kepada masing-masing penjual hanya akan menawarkan barang yang
relative sedikit dibandingkan dengan seluruh barang yang ada dipasar. Demikian
pula masing-masing pembeli secara individu tidak dapat menguasai pasar. Dalam
suasana pasar yang seperti ini, maka baik penjual maupun pembeli secara
individu tidak dapat mempengaruhi harga yang berlaku. atau pembeli dikatakan
sebagai pengikat harga (pricer taker) sehingga harga dipasar bersifat datum
yang artinya berapapun jumlah barang yang dijual dipasar harganya tetap. Harga
pasar ditentukan oleh bekerjanya mekanisme pasar yaitu oleh interaksi antara
seluruh penjual dan pembeli yang ada dipasar.
2. Barang yang diperjualbelikan homogen
Barang yang bersifat homogen artinya persis sama antara yang satu
dengan yang lain. Misalnya dus antara
barang yang satu dengan yang lain dapat menggantikan secara sempurna
didalam penggunaannya. Dengan demikian berarti konsumen tidak punya alasan
sedikitpun untuk lebih memilih barang yang satu terhadap barang yang lain.
3. Masing-masing produsen bebas untuk keluar dari /masuk kepasar
Dalam pasar persaingan sempurna pula dianggap tidak ada hambatan
atau halangan bagi produsen untuk keluar dari atau masuk ke pasar. Maksudnya
tidak ada hambatan yang menghalangi suatu perusahaan untuk memulai usaha baru
bila dianggap menguntungkan dan menutup usahanya bila dianggap merugikan. Masing-masing produsen dianggap mempunyai
kebebasan untuk menentukan putusan perhitungan ekonominya. Namun sebenarnya
adapula yang dapat menjadi hambatan bagi produsen untuk keluar dari atau masuk
kepasar salah satu bentuk hambatan yang dapat menghalangi produsen keluar masuk pasar adalah aturan
yang dibuat pemerintah, misalnya tariff, subsidi, hak paten dll.
4. Adanya mobilitas factor produksi secara sempurna.
Dalam pasar persaingan sempurna factor produksi dianggap bebas
untuk bergerak dari satu tempat ketempat yang lain. Jadi dalam bentuk pasar
ini, tenaga kerja dianggap dapat berpindah-pindah pekerjaan sesuai dengan
keputusan ekonominya. Dengan kata lain, dalam bentuk pasar persaingan sempurna
pasar tenaga kerja dianggap berstruktur pasar persaingan sempurna.
5. Pembeli dan penjual mempunyai informasi yang lengkap tentang pasar.
Dianggap bahwa masing-masing produsen dan konsumen memiliki
pengetahuan yang lengkap tentang kondisi pasar. Pengetahuan ini meliputi harga,
jumlah barang, kualitas barang dan lain-lain baik yang berlaku saat ini maupun
saat yang akan dating. Dengan demikian
dalam suasana yang seperti ini berarti
ketidakpastian tentang suasana pasar untuk masa-masa yang akan dating tidak ada. Adanya informasi yang lengkap
tentang pasar (perfect knowledge) ini mengakibatkan:
a.
Tidak ada
penjual yang menjual dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar.
b.
Tidak ada
pembeli yang membeli dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar.
c. Tidak
ada sumber daya yang digunakan untuk berproduksi yang kurang menguntungkan
daripada yang lain.
0 Response to "Pengertian Pasar Sempurna dan Ciri-Cirinya"
Post a Comment