Cara dan Biaya Perpanjangan SIM Keliling Kota Cimahi Terbaru



Berikut adalah penjelasan lengkap tentang perpanjangan SIM di kota Cimahi 16 Juli 2020

Syarat dan cara memperpanjang sim A atau C di mobil sim keliling kota cimahi:

Syarat-syarat perpanjangan sim A atau C:

- Sim asli 

- Fotokopi KTP



Cara perpanjangan sim A atau C :

1. Walaupun proses perpanjangan dimulai jam 8 pagi tetapi pengumpulan syarat-syarat sudah dimulai  dari jam 6 pagi, agar mendapat nomer antrian pertama, agar tiba dilokasi sebelum jam 6 pagi dan segera menyerahkan syarat kepada petugas.

2. Setelah Pengumpulan, akan dipanggil satu persatu sesuai no antrian dan langsung menyerahkan  biaya sebesar Rp. 175.000 untuk satu sim, jika yang diperpanjang sim A dan C maka biayanya Rp. 350.000

3. Setelah pemanggilan dan pembayaran, silahkan menunggu disekitar mobil sim keliling dan  menunggu panggilan untuk foto, tanda tangan dan cap jari.

4. Tidak lama setelah foto, tanda tangan dan cap jari, sim baru akan jadi dan diserahkan, maka SIM baru sudah bisa langsung dibawa pulang.

Ilustrasi perpanjangan SIM:

Langkah Pertama


Mengumpulkan SIM asli dan foto kopi KTP kepada petugas agar mendapat no antrian (tempat petugas di meja kecil sekitar parkiran dan pengumpulan sudah dimulai sejak jam 6 pagi).

Langkah Kedua


Menunggu panggilan dan sekaligus melakukan pembayaran, satu sim biayanya Rp. 175.000


Langkah Ketiga


Setelah melakukan pembayaran, langsung menuju mobil sim keliling dan menunggu panggilan untuk foto, tanda tangan dan sidik jari. Untuk tahap ini waktu menunggu cukup lama tergantung nomer antrian yang diperoleh.

Langkah Keempat

Setelah melakukan foto, tanda tangan dan sidik jari, SIM baru akan segera dicetak dan diserahkan. Untuk tahap ini tidak begitu lama waktu tunggunya, dan setelah selesai SIM bisa langsung dibawa pulang.

Rincian biaya yang dikeluarkan:

- SIM A atau C                       Rp. 175.000

- Anti gores untuk SIM          Rp.   10.000

Sekilas tentang SIM baru:

- SIM baru terdapat cip khusus yang berisi data pribadi
- SIM tidak boleh difotokopi
- SIM bisa digunakan untuk pembayaran layaknya E-Money (pembayaran tol dll)
- Cara topup dapat dilakukan hanya di bank/atm BRI, BNI dan BCA



Lokasi mobil sim keliling setiap harinya di kota cimahi berpindah-pindah sesuai jadwal yang tercantum pada gambar diatas.


Kebetulan saya saat memperpanjang mendapat lokasi di alun-alun cimahi, untuk lokasinya tepat didepan kantor sekretariat DPRD kota cimahi.

NB. Penjelasan ini berdasarkan tanggal 16 juli 2020, mungkin setelah bulan ini atau tahun depan  mungkin cara dan syarat bisa berubah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara dan Biaya Perpanjangan SIM Keliling Kota Cimahi Terbaru"