Bus Hino AK8


bus hino ak8

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang bus Hino yang sangat populer diindonesia untuk bus kelas ekonomi, yaitu bus Hino AK8. Bus ini pun juga terkenal dengan bus yang sangat kencang dijalanan khususnya jalanan yogyakarta-surabaya seperti bus Mira dan Sugeng Rahayu. 


bus hino ak8



Bus ini bermesin depan dengan kode mesin J08E-UH, 7684 cc, 215 ps sehingga terdengar sangat jelas raungan mesin dan turbonya kedalam kabin penumpang, sebenarnya bus Hino AK8 ini mulai diproduksi pada tahun 2007, walaupun demikian bus dengan tipe AK ini bukanlah bus yang baru, karena bus Hino AK8 memiliki pendahulu yang sama-sama bertipe AK juga yang sudah ada sejak tahun 1985 dan ditahun itulah awal beredarnya bus Hino AK.

kabin bus hino ak8


Dengan harga sasisnya yang ekonomis, membuat bus ini sangat populer dan hampir semua bus kelas ekonomi menggunakan bus bermesin ini, selain harganya yang ekonomis, perawatanyapun sangat mudah dan power yang lumayan bertenaga. Bus ini juga memiliki rasio gigi awal yang kecil dari bus-bus bermesin belakang, sehingga bus ini diawal berjalan sudah langsung melesat kencang, tp kelemahan dari rasio gigi awal yang kecil adalah ketika ditanjakan bus akan merasakan kesulitan.

Bus ini sudah menggunkan power steering yang memudahkan pengemudi untuk mengemudikan bus ini, sistem pengereman yang digunakan adalah Air Over Hydrolic yaitu rem dengan tekanan angin yang dipadu dengan minyak rem, walaupun demikian rem jenis ini sangat halus dan sangat mudah dioperasikan sesuai dengan keinginan pengemudi.

rem tangan bus hino ak8

Karena sistem pengereman bus ini adalah perpaduan tekanan udara dengan minyak rem, sehingga bus ini memiliki rem tangan yang masih sama dengan kendaraan-kendaraan kecil lainya yaitu menggunakan kawat rem seperti pada gambar diatas seorang supir sedang memegang rem tangan, dan bentuk rem tangan bus ini sama dengan mobil kijang kotak tahun 90-an yang pastinya jika anda pernah naik mobil kijang kotak yang lama akan dapat membayangkan bentuk rem tangan bus ini.

walaupun bus ini sangat populer untuk bus kelas ekonomi, tetapi tidak sedikit bis ini digunakan untuk kelas diatas ekonomi bahkan ada yang menggunakanya untuk pariwisata yang notabene mementingkan kenyamanan.

mungkin ini penjelasan dari saya tentang Bus Hino Ak8, semoga bermanfaat, terimakasih......

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bus Hino AK8"