Cara Menghubungkan Domain Gratis Dengan Hosting infinityfree.net TERBARU 2020

abdiaswaja - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman yang mudah-mudahan akan sangat membantu anda semuanya dalam belajar membuat web gratis, sebenernya dalam artikel ini saya tidak akan menjelaskan cara membuat domain dan hosting gratis secara detail dari awal sampai tuntas, tetapi disini saya akan bercerita pengalaman saya setelah saya membuat domain gratis di freenom.com, setelah saya membuat domain gratis itu lah saya menemukan beberapa masalah yang saya hadapi yang berhubungan dengan hosting, kebetulan hosting gratis yang saya buat adalah hosting dari infinityfree.net, dan saya yakin pada tanggal artikel ini saya buat anda pun akan mengalami masalah yang sama ketika membuat hosting, karena tutorial yang beredar di blog atau di youtube adalah tutorial versi yang lama dan tampilannya sudah banyak berbeda saat membuat hosting di infinityfree.net, permasalahan apa yang saya temukan adalah permasalahan bagaimana cara menghubungkan domain gratis yang saya sudah buat di freenom.com dengan hosting gratis yang saya buat di infinityfree.net, dan akan saya ceritakan pengalaman saya dalam hal ini.



Sebagaimana yang telah anda ketahui jika anda sudah pernah belajar membuat hosting dan domain gratis, pastinya anda sudah mengetahui cara menghubungkan antara hosting dan domain gratis (hosting infinityfree dan domain freenom) adalah dengan cara menginput data name server yang ada pada infinityfree ke dalam pengaturan server domain yang telah kita buat di freenom dan setelah diinput maka hosting dan domain akan terhubung. Yang menjadi masalah adalah name server di infinityfree tidak lagi muncul secara langsung ditampilan awal ketika kita akan membuat akun, dan inilah permasalahanya.

Pada versi sebelumnya sesuai tutorial yang saya temukan diinternet, ketika kita sudah membuat domain, langkah selanjutnya adalah kita harus membuat hostingnya, dan pada infinityfree.net pada versi lama membuat hosting sangat mudah sekali, disitu kita akan menemukan 2 pilihan yang akan kita pilih ketika membuat hosting yaitu, subdomain yang dimiliki infinityfree yang diakhiri .epizy.com atau .rf.gd dan custom domain seperti gambar dibawah ini.

Tampilan lama Create Account infinityfree.net
Tampilan lama Create Account infinityfree.net
Sebagaimana gambar diatas, pada lingkaran merah adalah name server sudah langsung muncul dan bisa langsung kita masukan ke domain yang telah dibuat di freenom.com dan ini dilakukan sebelum akun hosting dibuat, dilingkaran tersebut ada 5 name server yang harus dimasukan pada server domain yang telah dibuat seperti pada gambar dibawah ini.

name server freenom.com
name server freenom.com
Setelah 5 name server diinputkan, maka kita kembali ke create account seperti gambar pertama diatas, dan bisa langsung membuat custom domain sesuai dengan nama domain yang telah kita buat di freenom.com dan langsung terhubunglah hosting dan domain gratis tersebut.



Berbeda dengan versi baru yang saya hadapi pada tanggal artikel ini dibuat yaitu bulan april 2020, ketika kita buka infinityfree.net dan kita klik create account maka yang muncul adalah tampilan seperti gambar dibawah ini.

Tampilan baru Create Account infinityfree.net
Tampilan baru Create Account infinityfree.net
pada tampilan gambar diatas, tidak terdapat name server yang tercantum dan kita pada tahap awal ini pun otomatis tidak bisa membuat custom domain dengan nama domain yang kita buat di freenom, maka setelah saya beberapa kali mencoba dan melihat peringatan yang muncul akibat salah langkah, setelah saya baca ternyata pada versi baru ini dan pada tahap ini kita harus membuat terlebih dahulu create account yang subdomain, setelah membuat account yang subdomain berhasil maka akan muncul akun baru yang kita buat tadi dan kita klik manage, setelah itu kita klik control panel dan akan muncul tampilan pilihan, dan pilih yes, setelah itu kita akan muncul pada pengaturan seperti gambar dibawah ini.
tampilan pengaturan akun
tampilan pengaturan akun
Setelah tampilan diatas, geser trus kebawah sampai pada gambar dibawah ini.

tampilan pengaturan akun
tampilan pengaturan akun
Setelah itu klik more account settings, dan akan muncul tampilan selanjutnya dan gser kebawah sampai anda menemukan gambar seperti dibawah ini.

name servers
name servers
Setelah anda menemukan name servers ini, maka inputlah 2 server tersebut pada kolom server domain sebagaimana gambar ke 2 diatas, dan setelah diinput, silahkan anda menuju halaman create account pada infinityfree.net dan barulah anda bisa membuat account di custom domain dengan nama domain yang telah anda buat di freenom.com, maka domain anda sudah terhubung dengan hosting dan untuk pengaturan selanjutnya sama dengan sebelum-sebelumnya yang bisa anda baca diinternet. ulasan ini juga bisa anda saksikan dalam format video dibawah ini.


Mungkin sekian pengalaman saya dalam menghubungkan hosting dan domain gratis, ini hanya berdasarkan pengalaman saja, apabila ada cara lain yang lebih tepat atau ada pertanyaan bisa dituliskan di kolom komentar, trimakasih






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghubungkan Domain Gratis Dengan Hosting infinityfree.net TERBARU 2020"