Beranda · BUS · MOBIL · EKONOMI · FIQH · TIPS · DOWNLOAD · Tokopedia · Bukalapak · Shopee ·

Spesifikasi Bus Hino RG Yang Sangat Legendaris dan Banyak Peminatnya



bus hino

Assalamualaikum
Halo sobat bus mania, mungkin anda semuanya sudah menunggu postingan terbaru tentang perbisan dari B.M.C Blogger, dikarnakan adanya kesibukan yang membuat kami tidak bisa membuat postingan baru. Kali ini kami akan menjelaskan tentang bis yang sangat melegendaris dari Hino dan masih sering kita jumpai di jalanan, bukan hanya melayani jarak dekat, tetapi masih ada beberapa PO yang masih menggunakanya untuk jarak jauh antar provinsi bahkan antar pulau.

Baca Juga: MEKANISME REM BIS, TRUK DAN BEBERAPA JENISNYA

Bis Legendaris dan Pembalap Dari Hino...

Hino RG Po Arimbi
Gambar 1. Hino RG dari Po. Arimbi
Gelar ini memang masih cocok untuk bus yang satu ini yaitu Hino RG, bus ini terkenal sangat bandel mesinnya dan sangat mudah perawatanya, yang paling dikagumkan lagi dari bus tipe ini adalah terkenal kencangnya dan masih suka nyalip-nyalip...hehehe. Bahkan karna sangat mudah perawatanya dan karna masih serba manual mekanismenya, bus ini sangat sering dimodifikasi oleh beberapa PO.


Sejarah dari Hino RG

Bus tipe ini diproduksi tahun 1996, dengan mesin diesel dengan turbo yang bertenaga dan chasis yang panjang membat bus ini pada saat itu sangat laris dan menjadi pilihan oleh banyak pengusaha transportasi. bus ini juga memiliki 2 jenis ukuran wheel base, yang pertama berukuran 5.300 mm diproduksi tahun 1996-2005 dan yang kedua berukuran 6.100 mm diproduksi tahun 1997-2007 dan pada tahun 2000an bus ini sudah sangat banyak sekali ditemukan di jalanan. Pada tahun 2007 bus ini sudah tidak diproduksi lagi dan diteruskan oleh tipe Hino selanjutnya yaitu RK8. walaupun bus ini setelah tahun 2007 sudah tidak diproduksi, tetapi bis ini masih sangat banyak dan masih dioperasikan untuk melayani perjalanan dekat bahkan antar pulau hingga saat ini.

Mesin Hino RG

Hino RG menggunakan mesin diesel bekode J08C dengan konfigurasi 6 silinder 7.961 cc. Untuk menambah kekuatan dari mesin ini, Hino mengaplikasikan Turbocharger Intercooler sehingga bus ini tenaganya naik sangat signifikan 240 ps pada 2.500 rpm dan torsi maksimal sebesar 720 nm pada 1.500 rpm. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda belakang dengan trasnmisi manual 6 percepatan bertipe MS06F. Ketika kita melihat rasio gigi 1 dari bis ini, kita akan mengetahui mengapa bis ini sangat melesat ditarikan pertama, rasio gigi 1 nya sebesar 1:4300, dengan rasio gigi 1 ini lah yang membuat bis tipe ini sangat kencang dan melesat dari pertama kali bergerak.

Sistem Pengereman

tangki penyimpanan angin bertenganan tinggi
Gambar 2. Tangki Penyimpanan Angin
Sistem pengereman pada Hino RG masih menggunakan Air Over Hidrolic, yang artinya pengereman bis ini masih menggunakan minyak rem yang didorong oleh tekanan angin yang ada pada kompresor bertenganan tinggi saat pengemudi menginjak pedal rem. Dikarenakan Bis ini menggunakan sistem rem yang masih dicampur dengan sistem hidrolic, sehingga bis ini tidak memiliki chamber yang terletak pada masing-masing roda sebagaimana bis-bis yang sudah menggunakan sistem Full Air atau full udara, yang membuat bis ini memiliki rem tangan yang sama dengan kendaraan mobil-mobil pada umumnya menggunakan mekanisme kabel rem dan tuasnya berada sebelah kiri pengemudi.


Sebagaimana gambar no. 2, bis ini tidak bisa membuang anginya dengan otomatis sebagaiman bis dengan sistem Full Air tetapi dengan cara manual dengan menarik bagian kecil yang ada pada tangki udara sebagaimana yang terlihat pada gambar. Pembuangan angin yang sering kita dengar dengan bunyi ssssssssstttttttttt pada saat bis berfungsi membuang udaranya yang lebih dan membuang cairan yang ditimbulkan dari kelembaban udara, agar cairan tersebut tidak masuk pada sistem pengereman yang akan berdampak pada kurang pakemnya rem pada kendaraan besar terutama pada bis. Bus ini juga memiliki rem tambahan yaitu rem gas buang yang biasa disebut Exhaust Brake, yang mana cara mengoprasikanya terdapat pada tuas sebelah kiri setir, untuk lebih lengkap mengenai apa itu Exhaust Brake atau rem gas buang, anda dapat membacanya disini Exhaust Brake atau Rem Gas Buang

Ruang Kemudi Hino RG
Gambar 3. Ruang Kemudi Pada Bus Hino RG
Model Setir Pada Hino RG
Gambar 4. Bentuk Kemudi/ Setir Pada Hino RG

Cara Membedakan Hino RG dengan Hino RK8/ R 260

Mungkin kebanyakan dari kita masih bingung dalam membedakan antar Hino RG dan RK8 ketika kita melihatnya dari luar bis, kecuali jika kita berada didalam bis, kita bisa membedakannya dengan mudah dengan hanya melihat bentuk setir dan bentuk atau letak rem tanganya. Maka untuk membedakanya dari luar, kami akan memaparkan beberapa ciri-ciri pada Hino RG yang mudah kita perhatikan: 

Yang Pertama:

Ciri-Ciri Hino RG
Gambar 5. Ciri-Ciri Hino RG Dilihat Dari Ban Depan

Berdasarkan gambar nomer 5 kita dapat melihat ciri-ciri Hino RG yang pertama yang paling bisa kita perhatikan adalah dari posisi ban depan yang sedikit masuk kedalam.

Ciri-Ciri Hino RG
Gambar 6. Overhang Depan Hino RG

Hino RG memeiliki Overhang depan yang sedikit lebih pendek dari RK8, namun ini agak sedikit sulit untuk kita amati, karna perbedaan tidak begitu banyak.


Ciri-Ciri Hino RG
Gambar 7. Hino RG

Yang Kedua: 

Bentuk Knalpot dan Gardan
Gambar 7. Bentuk Knalpot dan Gardan Hino RG
Ciri kedua ini sangatlah mudah untuk membedakan antara Hino RG dan Hino RK8, tetapi agak sedikit butuh usaha dalam melihatnya, karena ciri-cirinya terletak pada bagian bawah bis, yaitu bentuk knalpot yang lurus dan bentuk gardan yang besar dan benar-benar bundar sebagaimana yang terlihat pada gambar nomer 7.

Demikian yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat, ikuti dan baca trus artikel dari kami, dan beri komentar kepada kami agar kami bisa trus menjadi lebih baik.... trimakasih

0 Response to "Spesifikasi Bus Hino RG Yang Sangat Legendaris dan Banyak Peminatnya"

Post a Comment

silahkan yang mau berkomentar, yang penting komentar yang positif ya gan...