Spesifikasi Bus Hino RK8/ R260 Yang Masih Sangat Populer DI Indonesia

Chasis Hino RK8/ R260


Assalamualaikum

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit tentang salah satu bis yang fenomenal di jalanan Indonesia, pastinya kalian sudah tidak asing tentang satu jenis bis ini, karena bis ini sangat banyak dijumpai dijalanan, bahkan mungkin kalianpun pernah menaikinya, melihat hampir semua perusahaan otobus memiliki bis tipe ini, bahkan ada beberapa PO yang semua armadanya bermesin bis yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, yaitu bis Hino RK8 atau Hino R260.

Sekilas Tentang Hino RK8/ R260

Bis jenis ini adalah salah satu bis dari Hino yang menjadi penerus dari generasi sebelumnya yang sudah dibahas diartikel sebelumnya yaitu Hino RG yang bisa kalian baca di disini. Bis ini sudah mengalami banyak perubahan dan penambahan fitur yang pastinya lebih baik dari tipe sebelumnya, salah satunya seperti sistem rem yang sudah Full Air. Bis ini sangat laris dipasaran dikarnakan bis ini menawarkan beberapa keuntungan yang dapat dipertimbangkan oleh para PO, seperti harga yang terjangkau, mudah perawatan, lebih ekonomis, dan yang paling disukai adalah larinya yang kencang yang menjadi ciri khas bis Hino. Pada awal munculnya bis ini, masih ada kekurangan dari segi kenyamanan, dikarnakan banyak para penumpang yang menceritakan pengalaman pribadinya ketika menaiki bis ini seperti suspensinya yang terasa keras, dan suara mesin yang benar-benar garang dan kasar, walaupun tarikannya luar biasa.

Baca Juga: MEKANISME REM BIS, TRUK DAN BEBERAPA JENISNYA



Dengan berjalannya waktu, bis ini mengalami perbaikan khususnya dari segi kenyamanan suspensi yang sudah membaik dari generasi RK8 sebelumnya, dan suara mesinya pun sudah lebih halus dari sebelumnya, sehingga bus ini sudah banyak digunakan bukan hanya untuk antar provinsi, melainkan digunakan juga untuk pariwisata yang pada dasarnya membutuhkan kenyaman, tetapi bis ini sudah sangat diakui performanya dan kenyamananya.

Spesifikasi Mesin Hino RK8/ R260

Bus ini bermesin diesel berkode J08E-UF 6 silinder Turbocharger Intercooler, 7.684 cc, bertenaga 260 ps pada putaran mesin 2.500 rpm, torsi 750 pada 1.500 rpm. Dengan mesin seperti yang dijelaskan, membuat bis ini sangat bertenaga dijalan lurus ataupun dimedan terjal.

Hino RK8/ R260 Bertenaga dan Nyaman


Hino RK8/ R260 Eka
Gambar 1. Bus Hino RK8/ R260 dari PO Eka
Seperti pada gambar nomer 1 ini, yaitu bis dari PO Eka, yang semuanya bisnya bermesin Hino dan salah satunya adalah Hino RK8 yang sangat merajai jalanan jalur selatan dari Cilacap sampai Surabaya. Hampir semua orang mengetahui bis yang satu ini yang terkenal selalu kebut-kebutan dijalanan, yang menunjukan bahwa bis ini tidak diragukan lagi larinya, karna pengalaman kami menaiki bis Hino RK8, dalam hal kecepatan, kami akui sangat enteng sekali dibawa lari, sura mesin tidak terlalu besar tapi sudah melesat sekali, yang jelas benar-benar kencang. walaupun bis ini kencang dan nyaman, bis ini sangat ekonomis dari segi bahan bakar dan perawatanya, sehingga banyak dari perusahaan otobus yang beralih dari bis Mercedes Benz ke bis Hino RK8.

Baca Juga: 












Bus Hino RK8 Efisiensi
Gambar 2. Bus Hino RK8 Dari PO Efisiensi
Masalah kenyamanan, sebagaimana dibahas diatas, bis ini juga dipercaya untuk memberikan kenyamanan pada penumpang, tidak sedikit perusahaan otobus yang mengandalkan kenyamanan, mereka menggunakan bis ini sebagai armadanya, salah satunya yaitu PO Efisiensi yang melayani Cilacap-Jogja yang mengandalkan kenyamanan bagi penumpangnya.

Ruang Kemudi bis Hino RK8
Gambar 3. Ruang Kemudi dan Bentuk Setir Bis Hino RK8

Berbeda dengan Hino tipe sebelumnya, untuk Hino RK8 sudah menggunakan model setir yang lebih bagus walaupun sederhana tapi sudah terlihat lebih segar, walaupun bentuk speedometernya masih sama saja dan terkesan kurang modern.

Model Knalpot Hino RK8
Gambar 4. Model Knalpot Hino RK8
Untuk membedakan antar Hino RK8 dan RG dari luar bisa dilihat dari bentuk knalpotnya seperti yang ditampilkan di gambar nomer 4, dan posisi roda depan tidak menjorok masuk seperti Hino RG melainkan hampir sejajar dengan bodi bis.

Mungkin ini yang bisa kami sampaikan mengenai Hino RK8/ R260, yang insya Allah menambah wawasan para pembaca tentang perbisan.

Jika ada kekurangan dan kesalahan dari pembahasan kami, mohon koreksinya melalui kolom komentar, sehingga blog kami dapat lebih baik lagi dalam membahas tentang bis di Indonesia.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Spesifikasi Bus Hino RK8/ R260 Yang Masih Sangat Populer DI Indonesia"